Wednesday, July 25, 2012

Es Dawet Ireng

Puasa hari ke #5
Mumpung bulan puasa, dimana hampir semua berlomba2 menjual yang seger2, agar buka puasanya nyoooss... ada satu minuman yang bagi saya nyoooss, namanya Es Dawet Ireng. Jadi, es dawet ato sebagian orang nyebutnya cendol ini emang warna nya hitam, makanya dinamain Dawet Ireng. Pertama minum si nyooss ini adalah pada saat masi kecil didaerah Purworejo, iyah ini minuman khas sana katanya, disepanjang jalan utama di kota tersebut, gampang banget nemuin Es Dawet Ireng ini, favorit keluarga saya dulu di deket Jembatan Butuh, kiri jalan kalo dari arah Jogja. Lama kelamaan, rasanya kok kurang nyooss lagi ya disana,sampe akhirnya ada yang nyooss di daerah deket sodara saya, di Pituruh. Selalu diundang kalo ada hajatan, nikahan, pokoknya saya pesta es dawet ireng kalo lagi ada acara di Purworejo. Apa istimewanya? Gula merah cairnya itu loh, bukan gula merah biasa. Warna nya kayak madu, gak coklat banget, tapi karna saya gak gitu suka manis, saya biasanya gak ngaduk gulanya sampe semua kecampur.hehee.. teruuus istimewa si Es Dawet Ireng di Pituruh ini pake es serut santen, iya santennya diserut! Dobel segeeer!! *mouthwattering*
santan dan es yang menggoda

Nah, adakah es Dawet Ireng di Jogja ini sodara2? Jawabannya ADA! Sempet beberapa kali nyobain, di deket KH UGM, gulanya kurang cocok, kayaknya sekarang tinggal plangnya. Di daerah Maguwo, kurang maknyus klo saya bilang, encer santennya. Dulu di Seturan depan Depok Sport Centre sempet ada, tapi belakangan gak liat lagi. Yang sesuai mulut saya ada di daerah Condong Catur, di Jalan Perumnas, sebelah Barat UPN Veteran, diutaranya Kalimilk #TKP2, depan les-lesan bahasa inggris, EME English. Jualannya Cuma pake gerobak biasa,nyempil tempatnya. Nah yang istimewa adalah GULA CAIR nya. Persis kayak di Pituruh yang rasanya kayak madu itu sodaraa sodaraaa, manis pas! Iyaa tetep sih saya gak suka ngaduk sampe dalem, biar gak terlalu manis, udah manis soalnya saya #ihik. Seporsi 3rb bakal dibungkus pake cup pop ice, ato biar lebih menjiwai, makan disana pake mangkok mini persis kayak Es Dawet Ireng jaman saya kecil yang di Jembatan Butuh itu, nostalgic banget!  

No comments:

Post a Comment