Wednesday, June 27, 2012

Mie Ayam Palembang AFUI

Dari banyak mie ayam yang ada di kota Jogja ini, saya hampir belum nemuin semangkok mie ayam yang bikin saya klepek2. Banyak sih yang bilang Mie Ayam Santika enak (tempat terlalu sempit), Yamien Pigura Sagan enak (biasa aja), Yamien Mas Yudi enak (yaaa cukuplah menghapus rasa rindu pada Yamien Bandung ato Yamien pas jaman saya SD, tapi tetep Yamien Manis jaman saya kecil is the best!!!). Kali ini saya bakal ngereview satu mie ayam di sekitar Atmajaya Babarsari, daerah Tambakbayan. Udah sering saya liwat sini, siskamling yang seinget saya dulunya angkringan napa kalo siang jadi mie ayam,pas lewat sih batin nya gitu. Mau nyoba belom sempet, sampe minggu kemaren temen saya nge-twit kalo dia abis dari sana dan enak. Harap diperhatiken, bahwasanya temen saya ini agak maniak mi ayam, favoritnya mi ayam deket Mirota Godean sama Mi Ayam Ungaran. Nah, sampailah saya janjian sama temen saya itu di Mie Ayam Afui. Well, tempatnya emang biasa aja,layaknya mi ayam tenda biasa, tapi yang menarik, ternyata mie nya dibikin sendiri sodara sodaraaa. Saya ngeliat gilingan mie yang tipe home cooking itu deh, lagi nggiling gitu sama si mas nya.

Saya mesen Mie Ayam Pangsit sama es teh tawar. Harga nya 6ribu buat si mie ayam dan 1ribu buat si es teh, anak mahasiswa banget kaaan. Pantes kapan itu liatnya mahasiswa semua ramee banget lagi nongkrong disana. Gak lama, pesenan saya dateng. Taraaaaa!! Mie keriting kecil2 hampir pipih mirip Indomie Goreng Keriting Ayam Spesial gitu teksturnya, cincangan ayam yang gak basah, sama ini nih paporit gw, daun bawang !! hahaaaaa.. terus kuahnya dipisah isi nya pangsit basah 2 biji sama kuah kaldu ayam plus sawi ijo. Diicip dulu kuahnya, hmmm lumayan. Mie nyaa, al dente kalo kata si bule :p , ayamnya, gak manis tapi pas, pangsitnyaa, lembuut, ada isiannya tapi gak tau apaan, enak. Raciklah pake kecap asin, kecap manis, sambel, makan deeeh sambil ngobrol rumpi sama temen SMA saya yang lama gak ketemu padahal kampusnya cuma di utara rumah saya. Overall, ini mie ayam saya kasi nilai 8/10, karna berhasil menyajikan rasa yang enak dengan harga 6 ribu rupiah sajaaaa. Tapi jujur, emang enak, mie nya gak kelembekan ato kekeringan. Saran saya, pakailah kecap asin dan kecap manis untuk mie nya dan jangan banyak air kaldu dalam mencampurnya, niscaya akan seperti Yamien Manis.hahaaaaaa. coba ada acar nya, mungkin tambah syedaap. Lain kali saya bakal bungkus mungkin, karena kurang nyaman kalo kesana sendirian, banyak mahasiswa bergerombolan dan merumpi. 
Mie Ayam Pangsit AFUI
Oya, si Afui ini gak Cuma jual mie ayam pangsit, ada Mie Ayam Jamur juga. hampir lupa, yang saya pesen itu ukuran biasa, ada porsi jumbo nya yang disajikan lebih besaaar *yaiyaalaa* dengan mangkok melamin biru, itu bagi para pria mungkin ya, secara kemaren saya porsi biasa uda cukup sih. Yaah gak nyesel kesini, apalagi gratis *ups*, sebenernya saya penasaran sama Mie Ayam Tumini yang katanya disekitar Giwangan, tapi daerah itu jauh dari rumah saya, agak tragis rasanya untuk jajan mie ayam aja mesti jauh2 kesana.next time lah ya, ato ada yang mau nraktir saya kesana?  

3 comments:

  1. cobain Yamin Pathuk (jl kemetiran kidul), itu the best juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mas ferre toh? hahaa iya, ada juga tuh di babarsari, sama plangnya sama yg di kementiran :)

      Delete
  2. Mi ayam tumini mantap jaya mbak :D

    ReplyDelete