Thursday, June 21, 2012

Martabak Har Gejayan

Malem ini pikiran saya melayang ke kota di daerah Sumatera, kota kelahiran ibu saya. Yep, Palembang :) (ehem sebenernya di Plaju sih). Lebaran taun 2011 kemaren saya kesana, sama Ibu saya tentunya yang notabene masih ada Bapak disana. Mengerikaaan !!! hampir tiap pagi saya disuguhi sarapan berat-berat macem Burgo, Pempek, dll sama Simbah saya. tapi itu malah yang bikin saya kangen sama kota Wong Kito itu *hug*. beberapa makanan sempet saya abadikan. cekidot....

Pempek Panggang, gendut2 putih yang aslinya kalo udah mateng tambah mbulet lagi. dibelah terus dimasukin macem sambel ebi yang enyaaaaaaak banget. Beli nya di foodcourt salah satu Mall di Palembang. Skor: 7/10
 
Mie Celor 26 ILIR, enyaaaak nya gak ketulungan kalo ini! entah karena pas itu habis naik transMusi terus mumet perut minta diisi apa bener2 enak ni Mi Celor. Beli nya gak jauh dari Mall tempat beli si Putih Gendut tapi diluar Mall. Rasanya gurih2 dengan aroma udang yang sedap *usap iler* Isi nya mi gede2, toge, telor ayam rebus, kuah kental bau udang/ebi, tambah taburan bawang goreng. Oooh NO! Jogja kagak ada yang jual apa yak. yang saya tempat makan ini konon cukup terkenal di Palembang sana. disini juga sempet icip Srikaya ato orang sana bilang Srikayo, rasanya manis secara dari campuran telor sama gula doang, tapi enyaak. Skor: 9/10

Finally, sore ini sambil ngabuburit buka puasa Kamis, saya dan Emak (sebutan akrab buat si Mamah) pengen nyobain Martabak Har yang belum ada sebulan buka di jl. Gejayan, selatan Jembatan Merah, sebrang Toko Sepeda sama Dealer Kawasaki Motor. Nama toko nya Martabak Har sejak 1947. Lengkap dengan poto seorang Eyang India lagi ngangkat tangan. emang di sono nya, biasanya yang jualan martabak har orang India gitu. then, usut punya usut ini kedai orang2nya diimport dari Kenten, Palembang (hasil wawancara si Emak sama tukang martabaknya, gatel dia denger orang pake bahasa sana :s ) tapi bukan India. entah kenapa pas icipin, ada 'sesuatu yang hilang', berasa itu kuah kurang nendang apa kurang karee gitu. oya, kuahnya emang mirip kuah kare yang ditambah kentang tumbuk biar makin kental dan beberapa potongan daging. yang saya beli ini martabak Telor Bebek. di Palembang sana, kata sanak saudari saya, emang paling pas nya telor bebek.overall, si martabak HAR ini belom punya saingan. cocok buat yang kangen sama kampungnya di Sumsel sana *wink* Oyeaah, saya juga kangen keluarga disana sih...
Skor : 7/10
Kebersihan : 6/10
 


Martabak Telor Bebek
DAFTAR MENU

2 comments:

  1. liii, daridulu pengen nyobain mi celor kayak apa... kayaknya enak tuh kentel2 seger anget2 TT di jogja ada yg jual ga???

    ReplyDelete
  2. emang enak long, nyumm nyumm!! tapi harus panas2 makannya, kalo gak, gak tau deh rasa kuahnya ntar jadi kayak apa. hahaaa. gak adaaaaaa T.T

    ReplyDelete