Friday, June 22, 2012

Goa Pindul dan Sri Gethuk, GK

Well, sepertinya Kabupaten Gunung Kidul lagi gencar-gencarnya meningkatkan potensi pariwisata mereka. Minggu lalu saya kesana, petunjuk arah dan rambu-rambu ke daerah pariwisata cukup jelas. Seneng liatnya untuk traveller modal nekat seperti saya dan partner *nyengir*. Yippi, partner saya ya Mr. Y itu. Mahasiswa taun akhir yang lagi galau ngerjain TA-nya sehingga kadang butuh nge-charge pikirannya, ehem tepatnya saya paksa buat nemenin saya jalan! Saat travelling ini pula, saya lagi hectic2nya ngelab buat si S, inget banget itu hari sabtu, buru2 selesei ngelab,lalu cuss ke tempat kumpul dan lupa bawa baju ganti! Solusi? Yaaa tinggal minjem baju atuh. Take it easy... saat TA atau skripsi, kau butuh penyegaran anak muda, percaya sama saya *wink*

Kali ini giliran Goa Pindul dulu. Jadi, Oktober 2011 lalu saya diajak Mr. Y dan segerombolan teman engineers nya dan segerombolan calon bidan *yang sekarang saya rasa sudah jadi bidan J* buat main susur goa pake ban di Pindul. Waktu itu masih promosi banget tuh si Pindul. Sekarang harusnya setelah makin kesini harusnya promosi dan tempat lebih baik, walopun pas saya kesana udah bagus banget. Overall kita semua PUAS!! Pelayanan dan harga sudah cukup memuaskan. Sayangnya saya lupa berapa duit yang saya keluarkan saat itu, sekitar 30ribuan untuk susur goa dan makan mi ayam ato bakso. Mi ayam nya enak loh, entah laper ato bener-bener enak, soalnya saya mesen bakso saat itu dan Cuma icip2 mi ayam si partner.hahaaaa. Nah, tur diawali dengan pake pake safety jacket alias pelampung, milih sepatu yang unyu warna putih, sama ngangkut ban buat badan dari bawah sampe atas kira2 5 menit *hosh*, pemanasan sebelum susur lah ya. Kita dipandu sama 2 orang guide yang ternyata salah satu guide lebih muda daripada saya, wohoooo.. lanjut kita sampe ditempat start, naik ke atas ban, terus susur deh sambil pegangan tangan biar si guide gampang ngarahinnya.ditengah tour, kita bakal ditemuin sama batu yang dipercaya meningkatkan keperkasaan pria, dan tetesan air yang konon bisa mengawetmudakan wanita, hahaaaaa. Ya believe it or not. Aku sih yang dapet tetesannya pas itu.hahaaaa. jujur, itu tempat pas masuk zona gelap agak serem, lah merem sama melek aja sama, gimana coba.terus pake acara renungan gitu di dalem.makin khusyuk dan ni perjalanan. Hampir di akhir, ada semacem zona terang yang bisa cebur2an lompat dari batu. Eaaaaa, engineers pun cebur2an, dan saya pengen.hahaaa. gile aje, udah jaoh2 nyampe sini masak kagak nyebur. Abis itu kita digiring lagi ke pintu keluar. Si guide atraksi dah itu, pake lompat dari pohon ke bawah yang notabene jaraknya tinggi! Yang gak berani, bisa lompat dari batu aja, tapi tetep lebih tinggi dari yang awal tadi. Yakin! Cuma satu orang temen saya yang berani lompat dari pohon, yang lain dari batu aja. Saya? Hanya 2 dari 7 wanita rombongan saya (kalo gak salah) yang berani lompat, dan salah satu nya SAYA! Bangga? Yaaa biasa aja sih.hahaaaa. tapi sumpah seru! Sepuas main air disitu, kami makan mie ayam ato bakso sambil ngeringin baju deh.heheee.. sayangnya, sebulan lalu ada berita 2 orang siswa tercebur di kolam akhir dari susur Goa Pindul tersebut, yap tempat kami lompat cebur2n dari batu ato pohon itu. Pikiran saya, mereka gak pake pelampung (dan benar) dan gak bisa berenang.
 
Then, abis mandi cuci2, itu anak2 dengan sumringah nya ngajak jalan lagi ke Sri Gethuk. Apakah itu? Kata mereka air terjun. Wohooo bayangkan ada air terjun di Gunung Kidul yang di rasa2 hampir gak mungkin. Saya bisa bilang gini soalnya Gunung Kidul emang terkenal dengan kekurangan air. Well, mungkin itu benar, disaat kemarau,debit air di daerah tersebut mungkin berkurang.  Jarak kedua tempat ini cukup jauh, ehem sebenernya para travellers nekat ini aja sih yang gak tau jalan :p. Saya lewat jalan yang tracknya masih bebatuan kapur, lewat kebun kayu putih, dicolek2 anak SD pulang sekolah -____-‘, track menurun batu yang mengharuskan saya untuk turun dari motor, dan semua terbayar saat sampai ditempat. Whoaaaaa you’ll feel like Indiana Jones! *lebaaaay* tapi bener deh, sebelum ke tempatnya, harus pake getek ato perahu motor sederhana dulu baru sampai ke air terjunnya. Dan bener, ada air terjun disana, pas debit air nya tinggi pula *horray*. Lalu ritual foto2 pun tercipta *tutup layar*.

 
It was totally fun!
Later, saya bakal posting tentang air terjun plus pantai dalam satu tempat yang sama yang lokasi nya di Gunung Kidul, Yogyakarta juga! Cool ! 
Pindul’s Score : 8/10
Sri Gethuk’s Score : 7/10 (saat saya kesana gak ada tempat bilas berupa kamar mandi, Cuma pancuran dan sarung buat tutupan ganti baju)   

2 comments:

  1. hahaha dasar doyan banget travel ke tempat2 gini :))) ga bayangin kalo kita foto session di tempat itu :))) btw liiii, kok km pake blogspot sih =,= komennya susyeee.. oiya, saran ya bo, pake foto jepretan sendiri aja fufufufu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa mana mau pasti kalian ke tempat 'penuh perjuangan' kayak gitu. btw, itu foto jepretan sendiri kali, nama blognya baca deh :p

      Delete